Mengolah air limbah dengan Nereda

Teknologi Nereda merupakan teknologi revolusioner di bidang pengolahan air limbah secara biologis (biological wastewater treatment). Dibandingkan dengan teknologi konvensional (activated sludge), teknologi Nereda merupakan contoh intensifikasi proses (process intensification) yg inovatif. Teknologi konvensional memerlukan kompartemen besar dan terpisah utk proses anaerobic, anoxic, dan aerobic, dan kemudian settling tank yg besar.

Sementara teknologi Nereda memiliki footprint dan konsumsi energy yg jauh lebih kecil. Hal ini dpt dijelaskan dgn mekanisme teknologi Nereda itu sendiri. Di teknologi Nereda, seluruh kegiatan aerobic, anoxic, dan anaerobic terjadi di setiap butiran partikelnya. Di bagian terluar (permukaan) terjadi proses aerobic, di tengah anoxic, dan di bagian terdalam yg tidak tercapai oleh difusi oksigen terjadi anaerobic. Bakteri Nereda membentuk butiran2 berukuran yg sgt besar sehingga dpt dengan mudah tersedimentasi dibandingkan dgn butiran2 activated sludge. Kecepatan sedimentasinya menjadi 6 kali lebih cepat sehingga Nereda tidak memerlukan settling tank.

Teknologi ini diklaim cm memerlukan paling besar 25% dari footprint teknologi konvensional dan sampai 50% pengurangan energy.

Untuk lebih dalam lagi, silahkan dikunjungi halaman berikut:

http://www.royalhaskoningdhv.com/en-gb/nereda

Leave a Comment