Kesimpulan

Review teknologi proses pengolahan awal biomassa untuk memisahkan cellulose, hemicelluloses, dan lignin ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Pengolahan dengan pH rendah, seperti asam berkonsentrasi rendah dan tinggi, dan juga peledakan steam dan air panas (yg bersifat asam pada temperature tinggi), akan menghidrolisis dan melarutkan hemicelluloses. Kondisi yang lebih parah seperti lebih asam, temperature tinggi, atau waktu tinggal yang lebih lama akan mengubah gula C5 menjadi turunan furan dan juga menghidrolisis cellulose. Fraksi lignin tetap berfasa padatan.
  2. Pengolahan dengan pH tinggi, seperti NaOH, lime, ARP (Ammonia Recycle Percolation), dan SAA (Soaking in Aqueous Ammonia), akan melarutkan fraksi lignin. Fraksi hemicelluloses juga akan terlarutkan sedikit, sementara cellulose akan tetap berfasa padat.
  3. AFEX (Ammonia Fiber Explosion), yang mirip seperti peledakan steam tetapi menggunakan ammonia, tidak melarutkan apapun dari biomassa. Seluruh fraksinya tetap berfasa padatan meskipun strukturnya hancur.
  4. Organosolv, sebagai salah satu proses berdasarkan zat pelarut adalah satu2nya proses yang dapat memisahkan lignin (tanpa sulfur), gula C5 (dari hemicelluloses), dan cellulose, secara bersamaan. Proses ini saat ini berskala pilot 30 – 100 t/d umpan biomassa.
  5. Proses berdasarkan zat pelarut lainnya seperti ozonolysis, peledakan CO2, dan ionic liquids masih berskala lab, dan mungkin mahal.
  6. Teknologi pengolahan awal biomassa yang telah komersial dengan skala > 500 t/d adalah proses peledakan steam, asam konsentrasi rendah (jg dengan kombinasi dengan steam), dan NaOH. Proses peledsakan steam telah digunakan di industri fiberboard. Asam berkonsentrasi rendah dan peledakan steam di pabrik biofuel. Sedangkan NaOH (dengan Na2S) telah diaplikasikan di industri pulp dan kertas.
  7. Pengaruh proses2 pengolahan ini terhadap biomassa tergantung dari kondisi operasinya (tingkat keparahannya) dan jenis biomassanya. Softwood terkenal sangat sulit untuk diolah oleh sebagian besar proses tersebut, kecuali oleh asam (konsentrasi rendah dan tinggi).

Leave a Comment