Proses penambahan asam berkonsentrasi tinggi

Proses pengolahan ini sama seperti asam konsentrasi rendah. H2SO4 pun lebih sering digunakan dan dapat menghidrolisis hemicelluloses dan sebagian cellulose (15).

Temperature yang digunakan biasanya berada di bawah temperature untuk pengolahan dengan asam encer (17) dengan waktu tinggal selama beberapa menit.

Proses pengolahan ini, karena konsentrasi asamnya yang tinggi, mampu menghidrolisis kedua komponen hemicelluloses dan cellulose (17). Meskipun tidak ada data mengenai yieldnya, dari keterangan yang ada, dapat diharapkan akan diperoleh yield tinggi untuk gula monomer.

Proses pengolahan dengan asam berkonsentrasi rendah dilaporkan sesuai untuk semua jenis biomassa yang diketahui. Sehingga, proses pengolahan dengan asam berkonsentrasi tinggi ini kemungkinan besar jg seperti itu.

Mengenai skala aplikasinya, tidak ada informasi lebih lanjut. Hal ini mungkin disebabkan oleh diperlukannya material yang sangat mahal dan anti korosi. Akibatnya, aplikasi proses pengolahan ini pun menjadi sangat terbatas.

Keuntungan dari proses ini adalah proses ini dapat beroperasi pada temperature rendah, sehingga menurunkan jumlah produk hasil degradasi gula. Seperti yang telah disebutkan, proses ini dapat menghidrolisis komponen hemicelluloses dan cellulose (17).

Kekurangan proses ini adalah prosesnya itu sendiri yang lebih berbahaya karena keberadaan asam konsentrasi tinggi, sangat korosif, dan asam ini mesti diambil kembali supaya ekonomis (15; 14). Sama seperti proses asam konsentrasi rendah, unit penetralan di hilirnya juga membuat masalah di pembuangan limbahnya (cthnya produksi gypsum jika dinetralkan dengan lime (Ca(OH)2)) (17).

Leave a Comment