Proses pengolahan dengan ionic liquids (IL)

Ionic liquid (IL) adalah garam yang terbentuk dari kation organic dan anion inorganic. IL berfasa cair pada temperature rendah dan bisa digunakan sebagai alternatif  non-aquatik terhadap pelarut organic tradisional (15).

Proses pengolahan dengan ionic liquids ini termasuk teknik terbaru dalam pengolahan biomassa. Sifat ionic liquids dapat diutak-atik tergantung dari jenis anion dan kation nya. Sifat yang diperlukan untuk biomassa adalah viskositas, titik leleh, dipolaritas, dan ikatan hydrogen.

Kondisi operasinya adalah sekitar 20 – 150 oC, waktu tinggal 1 – 48 hrs, dan konsentrasi biomassa mencapai 50wt% (18; 39).

Tergantung dari kondisi operasinya, ionic liquidnya, ukuran partikel biomassa, bisa sampai 25% cellulose terlarut ke dalam ionic liquid. Cellulose tersebut pun dapat diendapkan (18).

Hanya saja, kebanyakan studi focus pada interaksi antara cellulose dan ionic liquid. Sangat sedikit yang memiliki informasi mengenai interaksinya dengan lignin dan hemicelluloses (39).

Semua data yang ada hanya menunjukkan yield gula, terlepas dari gulanya berasal dari cellulose atau hemicelluloses. Sehingga informasi mengenai yield xylose, glucose, dan lignin sangat terbatas. Meskipun demikian, satu data menyebutkan bahwa pada 125oC, selama 1 hr, dengan 33wt% konsentrasi bongkol jagung, sekitar 80% glucose dan 50% xylose terhidrolisis dengan [C2mim][OAc] (39).

Proses IL ini telah digunakan untuk mengolah feedstock berupa rumput-rumputan, sisa pertanian (corn stover, wheat straw, sugarcane bagasse, dan rice straw), dan kayu (softwoods dan hardwoods). Akan tetapi, tidak ada disebutkan berapa yieldnya, terutama untuk biomassa kayu (39).

Aplikasi IL ini masih dalam taraf skala lab.

Keuntungan proses ini adalah sifat IL itu sendiri yang dapat diutak-atik (spt viskositas, titik leleh, polaritas, dan ikatan hydrogen), tergantung dari pemilihan anion dan kationnya (15; 40).

Kekurangannya adalah IL saat ini masih berviskositas tinggi, bisa beracun dan korosif, dan juga mahal (15). Karena mahalnya ini, maka IL harus didaur ulang dan digunakan kembali (39).

Leave a Comment