Gasifikasi limbah rumah tangga untuk menghasilkan kalor dan listrik

Teknologi gasifikasi telah digunakan di beberapa negara untuk mengolah sampah padat atau limbah padat rumah tangga (municipal solid waste atau solid recovered fuel). Hasil pengolahannya berupa listrik dan kalor. Kalor dihasilkan dalam bentuk air panas yang dialirkan ke pusat pemanasan kota (central district heating). Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa link yang dapat memperkaya wawasan kita, baik tentang teknologi gasifikasi dan pengolahan sampah padat perkotaan. 

  1. Gasifikasi biomassa dan limbah padat perkotaan di kota Gussing, Austria. Konon ceritanya, kota terpencil ini dulunya mengimpor semua keperluan energinya. Oleh karena itu, kota ini kehabisan dana dan seorang walikota yang visioner memanggil pulang salah seorang anak daerah tersebut. Tugasnya cuma satu. Tolong gunakan sumber daya yang tersedia di kota ini untuk memenuhi keperluan energi kita! Dan dia berhasil dengan menggunakan teknologi gasifikasi biomassa ini. Mari kita kerjakan juga untuk negara kita :)
  2. Gasifikasi limbah padat perkotaan di Lahti, Finlandia. Di video yang terdapat di link tersebut bisa kita lihat proses pengolahan sampahnya, yang secara umum sangat sederhana. Di video yang terdapat di link ini diceritakan bagaimana sampah padat si ibu rumah tangga dikirim ke pabrik gasifikasi. Dan ibu ini ikut di truk pembawa sampahnya.

Leave a Comment