Intensifikasi Proses (Process Intensification)

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti komputerisasi, permesinan, dan kemajuan teknologi di bidang semi konduktor, ilmu dan aplikasi teknik kimia juga mengalami perkembangan. Salah satu yang termasuk di antaranya intensifikasi proses (process intensification). Intensifikasi proses ini merupakan segala upaya kita dalam mengembangkan, mendesain, dan mengaplikasikan satu atau bbrp teknik sehingga proses yang ada skrg ini (konvensional) bisa menjadi lebih baik. Lebih baik di sini diartikan sebagai lebih cepat, lebih murah, dan lebih kecil. Atau faster, cheaper, smaller.

Sekarang ini terdapat banyak sekali aplikasi industri yang bisa dikatakan merupakan bagian dari upaya intensifikasi proses ini. Contohnya adalah dividing wall column (dgn BASF sbg pemegang jumlah unit terbanyak (lebih dari 100 unit telah terpasang)), reactive separation (dgn distilasi, ekstraksi, absorpsi), static mixer (skrg bnyk digunakan di industri cat dan coating), centrifugal separation (dipakai di industri makanan untuk memisahkan minyak dan air),  tubular reactor (di gas reaction system), compact heat exchanger (di banyak industri), dan lain sebagainya.

Halaman ini ditujukan untuk merangkum teknologi2 yang tidak konvensional, yang umumnya digunakan dalam upaya intensifikasi proses.