Majalah Teknik Kimia

Halaman ini berisi kumpulan majalah2 online Teknik Kimia Indonesia. Tulisan-tulisan di dalamnya merupakan kontribusi dari para mahasiswa dan professional teknik kimia Indonesia.

  • Edisi April 2017 bercerita ttg pembangkit tenaga listrik dari gasifikasi batubara dan biomassa.
  • Edisi Desember 2016 berisi artikel-artikel yang terkait dengan biomassa dan proses konversinya menjadi bahan bakar dan bahan kimia, serta pengenalan tentang concentrating solar power plant.
  • Edisi Agustus 2016 bercerita tentang reaktor. Sedemikian pentingnya reaktor dan reaksi yang terjadi di dalamnya membuat desain semua unit-unit operasi lain menjadi sangat tergantung kepadanya. Artikel-artikelnya mencakup¬†intensifikasi proses reaktor dengan bioreaktor dan pervaporasi, spray sebagai reaktor, riset proses pemisahan di Korea Selatan, dan dua studi kasus (mendesain reaktor dengan MS Excel dan kolom distilasi).
  • Edisi April 2016 bertema proses pemisahan dengan topik seperti bagaimana memisahkan campuran azeotrop, desain kolom distilasi, memisahkan partikel debu di udara, dan memisahkan emulsi minyak dan air.
  • Edisi I: Desember 2015 berisi kumpulan artikel bertema sustainability seperti studi Life Cycle Assessment (LCA), CO2 sebagai bahan baku industri kimia, dan aplikasi pinch analysis di crude preheat train di salah satu kilang minyak bumi.

One thought on “Majalah Teknik Kimia

  1. Dear Majalah Teknik Kimia,

    Saya Siwi, dari PT. Smart Lab Indonesia.
    Apakah saya bisa menawarkan bahan kimia PA dan glassware di Majalah ini?
    PT. Smart Lab Indonesia adalah Manufacturer lokal untuk bahan kimia PA.
    Mohon diinfokan mengenai prosedurnya.

    Terimakasih

    Siwi
    087771660181
    siwi@smartlab.co.id

Leave a Comment