Latar Belakang

Kenapa website ini dinamakan Teknik Kimia Indonesia?

Ada beberapa alasan yang dapat kami ajukan.

1. Transfer ilmu pengetahuan teknik kimia ke Indonesia.

Beberapa topik di blog-blog yang kami miliki berhubungan dengan teknik kimia. Dan keyword yang digunakan untuk sampai ke blog-blog tersebut kebanyakan berbahasa Indonesia. Salah satu alasan kenapa keyword-keyword tersebut berbahasa Indonesia mungkin karena masih banyak orang-orang Indonesia yang belum terlalu mahir berbahasa Inggris. Tetapi mereka sangat bersemangat ingin belajar mengenai topik-topik yang berhubungan dengan teknik kimia tersebut. Jadi, alasan pertama utk membuat buletin/majalah online Teknik Kimia Indonesia ini adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada orang-orang Indonesia dengan, sebisa mungkin, bahasa Indonesia.

2. Amal jariah.

Katanya, cuma satu hal yang tidak akan habis jika dibagi di dunia ini, yaitu ilmu pengetahuan. Mudah-mudahan juga dengan adanya orang yang belajar dari tulisan kita akan menjadi amal jariah yang akan kita bawa kelak.

3. Identitas Teknik Kimia Indonesia.

Buletin/majalah online Teknik Kimia Indonesia ini juga terinspirasi dari majalah online Teknik Kimia Belanda (Nederlandse Proces Technologie). Di sini linknya:

http://npt.pmg.nl/nl/magazine/MPT1501E01/procesapparatuur#0

Mereka punya majalah online tersebut untuk saling berbagi cerita. Dan belum kami ketemukan kumpulan informasi yang sama (mengenai teknik kimia) di Indonesia. Ada mungkin jurnal dari Aptekindo yg menurut kami terlalu saintifik (namanya jg jurnal ya). Yang kami inginkan adalah lebih ke berbagi ilmu dan aplikasi ilmu itu sendiri di industri. Dengan majalah online ini sebagai wadah, kita bisa secara bersama-sama mengenalkan wajah teknik kimia Indonesia.

4. Menghimpun pengetahuan yg terserak.

Majalah online tersebut merupakan salah satu wadah untuk kita belajar satu sama lain. Masing-masing kita memiliki bidang keahlian yang mungkin berbeda satu sama lain. Berdasarkan pengalaman, kita sering membuka lagi buku-buku lama atau melihat lagi catatan-catatan lama jika kita menghadapi masalah yang sama. Seringkali catatan-catatan kertas itu hilang sehingga kita mesti mencari lagi literatur yang berkaitan dengan masalah tersebut. Dengan majalah online ini, setidaknya catatan-catatan kita tidak akan hilang dan tersusun dengan baik. Dan katanya juga, ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Terakhir, yang kami inginkan adalah mengumpulkan pengetahuan teknik kimia orang-orang Indonesia di seluruh dunia untuk orang-orang Indonesia di manapun.